Teori Pisang Panas

September 14th, 2011 by syafree Leave a reply »

Pisangnya Panas, Nyet!

Suatu sore, ketika magrib baru saja usai, dan makan malam pun rampung. Seorang paman saya yang tinggal di Bogor bercerita tentang teori pisang panas.

Gara-garanya saya cerita pengalaman saya sebagai ‘anak baru’ di lembaga yang bernama Pe en es.

Kata paman saya itu, “Tau ga kalo ada teori yang namanya ‘pisang panas’? ” Saya menggeleng, heran. Emang ada teori kek gitu?

Iya itu teori manajemen yang dipopulerkan oleh manajer satu milyar, Tanri Abeng, waktu membenahi perusahaan Bakrie yang pada waktu itu bermasalah (paman saya ga nyebut taun berapa).

Nah, jadi teori pisang panas itu intinya seperti ini:

Ada sekelompok monyet yang di masukkan ke dalam sebuah ruang.

Di dalam ruang itu ada setumpuk pisang yang memang sengaja dipanaskan.

Ketika sekelompok monyet itu hendak ‘menyerbu’ itu pisang *biasalah monyet…* mereka kaget.

“Aww…! panas!” (kata paman saya sih niruinnya gitu…)

Terus sekelompok monyet itu kapok. Cuma ngeliatin aja itu pisang nan menantang, sayang panas.

Lalu, kemudian dimasukkan lah ke dalam ruang seekor monyet baru. Yang ga tau apa-apa, terus langsung menuju itu pisang. Padahal sudah diperingati kalo itu pisang panas sama sekelompok monyet tadi.

Si monyet baru ini bandel, “Awww! panas!” *sukurin! kata monyet-monyet tadi.

Lama… pisang sudah mendingin. Sementara monyet lama dan monyet baru itu tetap tidak berani mengambil pisang yang mereka pikir akan selamanya panas.

Kemudian masuklah lagi seeokor monyet muda. Dia melihat ada pisang dianggurin, terangsanglah ilernya.
Tapi, sebelum dia maju, kumpulan monyet itu menyergapnya.

“Itu pisang panas, monyet! Jangan kau pegang.”

Begitu kata cerita paman saya. *Yang saya heran, kok paman saya fasih ya menerjemahkan bahasa monyet?* piss ya paman ^_^V

Jadilah para monyet itu ga makan pisang karena keyakinan mereka bahwa pisang di hadapan mereka itu pisang panas.

Yang lebih kesian, monyet muda yang bersemangat itu. Yang ga tau sejarahnya, ikut-ikutan ga makan pisang gara-gara para seniornya bilang, “Itu pisang panas, Nyet!”

Gimana menurut Anda?
Yuk, mari :)

* Repost dari blog saya yang lain *almarhum* hahahah…

**artikel ini dibuat untuk menjawab requestnya Delia (http://delia4ever.wordpress.com/2010/03/21/perbedaan-pendapat/#comment-583).

gambar diambil dari : ablemuse.com dan esquire.com

Pastikan nge-Like Blog Maisyafree di FB agar selalu dapat update artikel menarik dari blog maisyafree.
Advertisement

Leave a Reply